Proteksi Komputer, Data, Informasi, dan Diri Anda

Di era informasi seperti sekarang ini, isu keamanan menjadi sebuah hal yang sangat penting. Tiap individu dan perusahaan berusaha keras untuk bisa memastikan keamanan bagi komputernya yang menyimpan data dan informasi penting dan berharga milik mereka. Semakin banyak dan beragamnya ancaman tentunya membuat kita sebagai pengguna teknologi membutuhkan pengetahuan yang lebih lengkap tentang bagaimana cara menghadapi ancaman tersebut. Dengan pengetahuan yang baik, kita dapat mengurangi risiko yang dapat timbul di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memproteksi diri anda dan asset berharga anda berupa data dan informasi, dari risiko yang mengancam.

  • Menjaga informasi penting tentang pribadi atau bisnis dengan baik.

Biasakan untuk tidak membicarakan informasi rahasia anda di tempat umum. Kadang kala tanpa kita sadari, kita membicarakan tentang hal-hal confidential di tempat umum, misalnya saat berbincang melalui ponsel di sebuah restoran. Bisa saja ada orang yang menguping pembicaraan bisnis tersebut, dan mengambil keuntungan dari hal tersebut.

Sebelum meninggalkan komputer/laptop anda, jangan lupa untuk mengunci (lock) dahulu.  Data-data yang ada di komputer anda mungkin perlu dirahasiakan dari rekan kerja anda. Lebih baik mencegah daripada membiarkan ada kesempatan penyalahgunaan oleh orang lain.

Selain itu, sangat penting bagi kita untuk berhati-hati dalam berbagi informasi pribadi di dunia online. Informasi seperti tanggal lahir, nama pasangan, atau nomor handphone bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kejahatan pada anda. Cobalah selektif dalam berbagi informasi tersebut, karena bisa juga mengganggu privasi anda

  • Backup file anda  secara rutin.

Walaupun teknologi saat ini sudah begitu canggih, tidak ada metode keamanan yang menjamin 100% efektif. Kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan dapat terjadi kapan saja. Tindakan preventif perlu kita lakukan agar jika pada suatu saat terjadi, kita tidak disulitkan oleh kejadian tersebut.

Backup lah data-data penting anda secara rutin. Media yang bisa anda gunakan untuk backup antara lain adalah dengan burn data ke CD atau DVD. Anda juga bisa menyalin data-data tersebut ke flashdisk atau external harddisk. Saat ini juga banyak terdapat layanan backup data berbasis web yang bisa anda gunakan. Banyak pilihan yang tersedia, tinggal kesadaran kita sebagai pengguna untuk melakukannya.

  • Menggunakan internet secara sehat dan aman.

Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri tidak mengunjungi situs yang tidak jelas sumbernya, karena ada risiko penyebaran malware (software perusak). Beberapa browser telah memiliki mekanisme untuk secara otomatis memunculkan notifikasi pada pengguna sebelum masuk ke suatu situs yang berbahaya. Namun, sebaiknya anda sendiri yang melindungi diri anda dengan tidak memasuki situs-situs tersebut.

Tindakan lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus email spam di inbox anda tanpa perlu membukanya. Email spam yang terkirim berisiko berisi malware yang bisa secara otomatis masuk dan terinstalasi ke komputer anda. Selain itu, jangan sembarang meng-click sesuatu di internet, karena tanpa kita sadari mungkin hal itu sudah mengakibatkan bahaya pada komputer dan data-data kita. Tutuplah pop-ups yang muncul dengan menekan tombol “X” di sudut kanan atas, untuk menghindari risiko yang mungkin muncul.

***

Tindakan dan perilaku anda pada saat  menggunakan komputer dan perangkat teknologi lainnya berpengaruh terhadap keamanan diri dan aset berharga anda yang berupa data dan informasi. Perilaku yang bertanggung jawab dari kita sebagai pengguna dapat mengurangi risiko kejahatan dan penyalahgunaan di dunia online, sekaligus meningkatkat kenyamanan dalam penggunaan teknologi.

  1. yang malas itu bikin backup data, kalau udah hilang baru nyesal.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: