Solusi Lebih Mudah Merotasi File PDF

Hai semua!

Sudah lama banget yah ternyata saya nggak posting blog di sini. Sudah lebih dari setahun dari post terakhir. Setelah ada http://lenisidik.com saya lebih sering posting di sana sih.

Nah, berhubung postingan terakhir saya di sini adalah mengenai merotasi file PDF, post saya kali ini masih tentang merotasi PDF. Bedanya adalah, sekarang saya sudah menemukan solusi yang jauh lebih mudah dan malah lebih advance lagi daripada solusi saya sebelumnya.

Kalo di post sebelumnya solusinya adalah dengan menggunakan fitur di situs rotatepdf (dot) net, maka ternyata ada solusi permanennya yaitu berupa aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kita yang sering berurusan dengan file PDF. Nama aplikasi ini adalah PDFsam, alias PDF Split and Merge.

Nah, si PDFsam ini punya beragam fitur yang bermanfaat seputar file PDF, antara lain:

  1. Split PDF: Dengan fitur ini, kita bisa membagi file pdf ke beberapa file pdf sesuai keinginan kita. Misalnya, kita punya ebook yang terdiri dari 7 chapter, trus kita ingin membagi tiap chapter tersebut ke dalam 1 file pdf tersendiri. Caranya gampang banget bisa menggunakan PDFsam ini. Fungsi split ini bahkan bisa sampai per halaman.
  2. Merge PDF: Kalo tadi Split untuk membagi-bagi file pdf, fungsi Merge ini adalah untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi 1 file pdf, dengan urutan yang bisa kita atur. Berguna banget kan kalo kita scan dokumen per halaman, tapi kita butuh itu jadi 1 bundle.
  3. Mix PDF: Kita juga bisa mengubah urutan halaman dalam 1 file PDF yang kita punya. Bahkan kita juga bisa mengcombine suatu halaman di file PDF A dengan suatu halaman di file PDF B ke dalam suatu file PDF baru.
  4. Rotate PDF: Nah, ini dia fitur yang kita bahas tadi. Kalo solusi sebelumnya cuma bisa merotasi aja, kalo si PDFsam ini punya banyak fitur lainnya. Untuk fungsi rotate ini, kita bisa pilih apakah semua halaman dirotasi atau hanya halaman tertentu saja yang dirotasi. Keren kan?

 

Yang lebih kerennya lagi dari aplikasi PDFsam ini adalah……. PDFsam FREE dan OPEN SOURCE, artinya kita bisa menggunakannya tanpa perlu membeli lisensinya.

Untuk mengunduh PDFsam, silahkan langsung ke link berikut: Download PDFsam

Yang free itu yang basic version. Kalo butuh fungsi yang lebih advance, kita juga bisa memilih yang enhanced version, dengan memberikan donasi minimal €1 (1 Euro), atau bisa mengunduh source code nya trus compile sendiri.

Gimana, udah jelas kan? Semoga membantu ya!

    • joy
    • September 27th, 2013

    hasil copynya gak terbalik y gan ???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: