Dan Satu Bulan Pun Telah Berlalu

Alhamdulillah sudah 1 bulan saya bekerja di PT Great Eastern Life Indonesia sebagai IT Business Analyst. So far selama sebulan ini saya ngerasa nyaman dan enak kerja di sini. Hal ini berkaitan dengan lingkungan pekerjaan terutama rekan kerja satu divisi di IT Division. Kami dekat dan kompak, bahkan walaupun saya terhitung anak baru di sini. Saya bisa dengan cepat dan mudah berbaur dengan rekan kerja di sini: makan bareng, jalan-jalan bareng, karaoke bareng, ketawa-tawa bareng. Dan hubungan dengan atasan pun relatif enak, bahkan dengan Director of IT alias CIO. Hal ini sangat saya syukuri karena dalam bekerja, lingkungan kerja menjadi salah satu hal utama yang saya pertimbangkan.

Selain rekan-rekan kerja yang asyik, tempat kerjanya juga enak. Bertempat di Menara Karya Jl. Rasuna Said, lokasi kantor saya ini terbilang strategis. Lumayan dekat dari rumah, kalo ditempuh naik motor. Waktu tempuhnya juga relatif singkat, sekitar 25-30 menit, lebih sering kurang, dari dan menuju ke rumah. Yang paling utama adalah perjalanan saya BEBAS DARI MACET. Contohnya pada kasus macet total di Jakarta pada hari Senin tanggal 25 Oktober lalu, perjalanan saya pulang ke rumah justru lebih lengang dan lebih cepat dari biasanya, dalam waktu kurang dari 30 menit. Memang, arah perjalanan saya berlawanan dengan mayoritas pengguna jalan, yang lebih banyak berasal dari Selatan dan bekerja di daerah Pusat. Selain itu, di kantor saya ini dekat dengan beberapa pusat keramaian, seperti Pasar Festival, Bellagio Mall, serta Mal dan ITC Ambassador. Kalo menuju daerah Mega Kuningan malahan difasilitasi dengan adanya Shuttle Bus Service. Terus juga, di daerah deket sini banyak makanan enak dan ramah di kantong (baca: murah meriah), misalnya di pinggir jalan samping Menara Karya.

Cukup dengan lokasi, kali ini kita masuk lebih ke kondisi dalam kantor. Saya di sini mendapatkan workplace yang lumayan nyaman. Meja kerja yang luas dan komputer yang cukup reliable. Ada juga laci yang bisa buat menyimpan tas dan barang-barang lain (sepatu futsal, belanjaan, dll). Trus ada satu hal yang cukup menarik bagi saya. Di kantor ini disediakan space khusus untuk makan (bisa dibilang ruang makan) yang luas lengkap dengan meja makan besar dan banyak kursi. Biasanya, para karyawan di sini makan bareng di sini, entah itu sarapan, makan siang, ataupun makan malam (kalo yang overtime). Dan satu hal yang saya salut adalah, banyak karyawan di sini yang membaca bekal makanan dari rumah untuk makan siang. Dari pegawai biasa sampai bos bahkan. Dan juga, kalaupun dia membeli makanan dari luar, biasanya dibungkus dan dimakan bareng-bareng di tempat ini. Bagi saya, dengan disediakannya tempat makan ini, saya merasa di-encourage untuk membaca bekal makan siang daripada makan di luar (yang hampir pasti lebih mahal, makan waktu, dan belum tentu lebih sehat). Yang enaknya juga, ada layanan catering yang bisa dipesan harian, dengan menu yang berbeda-beda tiap harinya, dan pembayaran dilakukan pada akhir bulan. Harganya cuma Rp9.500,00 dengan menu yang lengkap, biasanya nasi (lumayan banyak), ayam/daging/ikan, sayur, gorengan/lauk lain, dan sambel yang enak. Dengan menu yang didapat pada catering itu dan harga yang relatih murah, it’s really worth it!

Kalo dalam masalah kerjaan, sampai sebulan ini saya belum merasakan workload yang padat. Paling baru beberapa hari ini saja saya mulai ‘dicemplungin’ dilibatkan ke dalam kerjaan dan project yang ada. Ya saya sadar diri, karena memang saya masih newbie total di dunia asuransi ini. Keliatannya sih ke depannya saya bakal mulai sibuk karena banyak project yang lagi berjalan ditambah enhancement yang hampir pasti selalu ada. Alhamdulillah saya masih merasa asyik di sini, bahkan malah tertantang dengan kerjaan ini. Yang lumayan unik, di sini kalo karyawan lembur untuk kerja sampai di atas jam 9 malam, bayaran lemburnya pake voucher taksi senilai Rp80.000,00 yang bisa diminta langsung ke bos kita. Nominalnya besar memang, tapi menurut yang udah lama di sini sih kurang bisa dimanfaatkan, apalagi bagi mereka yang naik kendaraan pribadi. Akhirnya banyak juga yang menjual voucher taksi itu ke teman yang lain, dengan harga yang lebih murah dari nilai voucher itu.

Untuk masalah relasi dengan client (user), di kantor saya, clientnya adalah internal user, yaitu karyawan dari divisi lain yang menggunakan sistem yang dibuat oleh IT Division dalam menjalankan proses bisnis perusahaan. Dalam hal ini, IT Division menjadi pemberi support untuk proses kerja divisi lain. Dan karena usernya adalah internal, makanya kerjaan saya hanya di dalam perusahaan saja. Dan orang yang harus ditemui ya yang itu lagi itu lagi. Menurut rekan-rekan kerja di sini sih, user di sini lumayan ‘rewel’ dan bervariasi. Ada user yang bisa diajak kerjasama, namun ada pula user yang agak nyebelin dan banyak maunya. Alhamdulillah sebulan ini saya belum ketemu yang katanya nyebelin sih. Semoga aja kalaupun nanti ketemu yang agak nyebelin, saya bisa tetap memberikan kinerja yang baik. Amin.

Overall, sebulan ini saya merasa nyaman dan betah, Alhamdulillah. Aspek kenyamanan dan pelaksanaan kerja terpenuhi dengan baik. Walaupun, jujur saja saya belum yakin ke depannya saya akan berkarier di sini, lebih khususnya di dunia asuransi jiwa Indonesia. Semoga sambil saya jalani kerja di sini, Allah memberikan jalan yang terbaik bagi saya, lanjut di sini atau ke tempat yang lebih baik, Amiin.

Menara Karya,
28 Oktober 2010, dari meja kerja saya

  1. gw dukung lu untuk… pindah ke tempat yg lbh baik suatu saat nanti dik! huehehehe. maksudnya, cari tempat dan kerjaan yg lebih seru dan menantang gitu.. misalnya..jadi menkominfo..huahaha..
    anyway, selamat kerja, smg berkah dan bs banyak belajar🙂

    • makasih ning… hehehe… Gw nggak mau jadi menkominfo ah, mau jadi pengusaha sukses yang bisa ngasih pekerjaan ke banyak orang aja, insya Allah tetep berkah. Sekarang cari pengalaman dan modal dulu😀

  2. Alhamdulillah…
    lo yang kadang realist banget dipostingan kali ini kayaknya lumayan banyak berpikiran positif ( dilihat dari kelebihan kantor yang kayaknya hampir semua kantor begitu).
    Seneng deh klo liat temen bekerja sesuai passion, soal mau pindah atau enggak pindah monggo saya ngikutin perkembangan diblog saja, yang penting kan kerjaan barokah dan elo seneng ngejalaninnya. Ini perusahaan kedua ya dik? Semoga lama2 bisa bikin perusahaan sendiri yaa…Gutlak bro…:)

    • Hehehe, gw dibilang realist… emang iya sih ada benernya.. Iya ini perusahaan kedua Ti. Amiiin, semoga nanti bisa punya perusahaan sendiri dan memberikan pekerjaan ke banyak orang😀

  3. Alhamdulillah turut berbahagia mendengarnya dik, memang sangat lumrah jika lingkungan kerja nyaman membuat kita semangat untuk bekerja, ditambah lagi jika sebagian besar karyawan seumuran dengan kita. Jadi tidak ada rasa sungkan untuk bercanda dengan mereka. Ditambah lagi karyawan yang udah senior tidak menunjukaan kejaimannya setiap waktu. Ane mendukung jika bung sidik ingin mencari tempat yang lebih baik, Disambil juga S2 nya dik.

    • Iya Pur, Alhamdulillah di sini temen-temen satu divisi IT orangnya asyik-asyik dan nggak ribet. Ya Insya Allah kalo nanti ada yang lebih baik ane mau coba ambil kesempatannya… S2 sih maunya ke luar negeri pur nyari beasiswa… udah ada tujuannya di salah satu program Master di Netherlands

    • nukles
    • February 7th, 2011

    Kakak..saya jg ada panggilan di GE…
    Blh taw salary dsana brp gt ka??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

