Dan Lembaran Baru Pun Kembali Dibuka (Part 1)

(cc) image credit: fashionista2passionista


Hari Selasa tanggal 21 September menjadi hari penutup petualangan saya di dunia broadcasting dan entertainment. Pada hari itu tepat 6 bulan saya bekerja di PT Cipta TPI sebagai peserta Broadcast Development Program (BDP). Dan seperti tertulis di kontrak, saya terikat kontrak selama 6 bulan dan bisa jadi diperpanjang bila lulus seleksi. Tapi saya memutuskan untuk tidak meneruskan kontrak dan proses BDP lagi. Dan berakhirlah petualangan saya di sana.

Sebenarnya, awalnya saya tidak pernah kepikiran akan bekerja di sebuah stasiun televisi nasional, apalagi di bagian produksi. Ya, mungkin memang takdir Allah lah yang pada akhirnya bisa membuat saya bisa bekerja di sana. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan saya. Pekerjaan di lingkungan yang sama sekali bukan lingkungan pergaulan saya. Tapi Insya Allah saya tidak menyesali keputusan yang dulu saya buat untuk bekerja di sana. Selain karena sudah terjadi, bekerja di stasiun televisi sedikit banyak telah membuka cakrawala berpikir saya akan banyak hal yang tadinya mungkin tidak saya ketahui.

Oiya, tulisan ini rencananya terdiri dari lebih dari 1 bagian. Tulisan ini adalah bagian pertama, yang isinya adalah review apa yang telah saya lakukan selama 6 bulan bekerja di TPI sebagai peserta BDP.

Semuanya dimulai pada tanggal 22 Maret hari pertama in-class training sekaligus tanda tangan kontrak. Saya sendiri udah lupa alasan awalnya kenapa pada akhirnya memilih untuk bekerja di sana *tepok jidat*. Oiya, total peserta BDP awalnya adalah 38 orang, dengan rincian 22 Produksi, 6 Programming, dan 10 News. Saya masuk di bagian produksi, yaitu bagian yang pekerjaannya memproduksi acara televisi. Bagi yang di Produksi, kami diberitahu bahwa tiap bulannya selama 6 bulan kami akan ditempatkan di posisi-posisi tertentu, dan bisa berubah di bulan berikutnya.

Oke, 1 bulan pertama (April) saya ditempatkan sebagai creative, yang tugasnya mempersiapkan konten kreatif sebuah program, berupa script, running order, treatment, dll. 1 bulan pertama saya merasa kerjaan saya kurang optimal, karena saya di-assign di program acara yang belum tayang, dan pas lagi mau tayang saya justru keburu dipindah ke posisi lain. Di bulan ke-2 dan ke-3 (Mei dan Juli) saya dipindahkan ke posisi Research and Development di Creative Center. Di sini tugas saya melakukan riset dan pencarian data untuk kebutuhan acara yang akan atau sudah tayang. Selain itu saya juga kebagian bikin sejumlah ide acara baru. Yah, lumayanlah selama di sini, karena fungsi otak analisis saya lebih banyak dimanfaatkan, walaupun bosan juga karena kerjanya kayak gitu-gitu aja.

Bulan ke-4 (Juli) saya dipindahkan menjadi stage crew alias floor director. Floor director mempunyai tugas untuk memastikan teknis acara di floor/studio/lokasi syuting berjalan sesuai rencana dan lancar. Selama 1 bulan saya bertugas di Floor Director, bisa dibilang saya merasa paling capek. Kenapa begitu, ya karena seringkali harus syuting sampai lewat tengah malam. Kadang juga Sabtu Minggu harus masuk kerja. Serunya sih ya karena bisa tahu teknis pelaksanaan beragam program acara saat saya bertugas.

Bulan ke-5 (Agustus) berpindah lagi saya menjadi cameraman, posisi yang awalnya paling saya hindari. Sewaktu dijalani sih sebenarnya nggak terlalu menyeramkan seperti awalnya saya pikirkan. Tapi yang paling saya tidak suka adalah mendadaknya pemberitahuan, dan tugas bisa kapan saja nggak kenal waktu. Saya sih males kalo gitu, karena saya butuh waktu juga untuk hal-hal lain selain kerjaan. Di posisi ini, saya dapat keahlian lebih dengan belajar merekam dengan kamera rekaman. Yah walaupun cuma belajar yang dasar-dasarnya aja sih, kayak cara-cara pengambilan gambar, jenis-jenis pengambilan gambar, dll. Lumayan asyik lah di sini, kecuali mendadaknya tadi itu.

Oiya, di akhir bulan ke-5 ini saya sudah menyelesaikan proses seleksi penerimaan di tempat kerja yang baru. Saya sempat berpikir apakah saya perlu mengundurkan diri dan tidak bekerja lagi pada bulan September. Tapi kalau saya mengundurkan diri saya harus membayar pinalti yang jumlahnya tidak kecil. Alhamdulillah ternyata kantor baru membolehkan saya menyelesaikan dulu kontrak sampai tanggal 21 September, sehingga saya tidak perlu “membuang uang” untuk bayar pinalti.

Dan akhirnya saya pun sampai di bulan ke-6, bulan September, bulan terakhir saya bekerja. Ternyata saya kembali ke posisi awal saya sebagai creative, walaupun dengan Executive Producer yang berbeda (dan program acara yang berbeda pula). Dan lagi-lagi saya kebagian untuk jadi creative program acara yang belum berjalan. Kalo dulu pas Piala Dunia Tawa, sekarang KDI STAR. Alhasil, selama 21 hari saya bekerja (kurang sih kan banyak libur) saya merasa kerjaan saya nggak jelas. Udah makin berasa hawa-hawa mau pindah.

Alhamdulillah di akhir-akhir waktu saya menyatakan diri tidak melanjutkan kontrak, prosesnya terasa mudah dan lancar. Waktu ke HRD 1 pekan sebelum hari terakhir kerja, ternyata respon dari mereka baik dan memperbolehkan. Saya juga sempat kuatir akan ada sedikit penolakan dari atasan, eh ternyata beliau ngerti dan malah mendoakan kesuksesan saya di tempat yang baru. Terus pas lagi pamitan di sore hari terakhir, semuanya juga berjalan lancar. Yah wajarlah pasti banyak yang nanya, tapi saya dengan senang hati menjawab pertanyaan mereka, diiringi optimisme masa depan di tempat baru yang lebih baik.

Selain pekerjaan rutin, sekitar bulan ke-3 saya juga mendapat amanah untuk menjadi PIC (person in-charge) untuk project yang melibatkan anak-anak BDP untuk membuat dummy (prototype) acara komedi baru yang terdiri dari beberapa genre. Walaupun sayang pada akhirnya tidak berjalan karena tidak adanya kesiapan dari pihak kantor untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Saya sih nggak kecewa, karena idenya sebenarnya sudah keren-keren, tapi merekanya yang tidak siap merealisasikan ide hebat kami, hehe.

Oke, itu dulu buat part 1, review selama 6 bulan bekerja di TPI. Next, part 2 kayaknya akan bercerita ttg kesan dan pengalaman apa saja yang saya dapat. Plus juga pesan-pesan dan rencana ke depan. Baca yang selanjutnya juga yah!

  1. September 29th, 2010

Leave a Reply

