Melabuhkan Sebuah Pilihan

the choice

Nggak terasa udah lama banget saya nggak mengupdate blog saya ini. Sebenarnya banyak hal yang bisa diceritain, tapi karena satu dan lain hal akhirnya baru sempet ngeblog lagi sekarang. Yah, bisa dibilang alasan tadi hanyalah sekedar excuse saya saja karena saya sebenarnya sudah berjanji di resolusi tahun ini kalau saya akan kembali aktif menulis secara rutin. Kenyataannya, tidak. Membiasakan diri melakukan suatu hal setelah lama tidak melakukan hal tersebut ternyata cukup sulit ya🙂

Okelah, untuk kali ini saya pengen bercerita tentang keseharian saya dengan pekerjaan yang saya jalani. Jujur, saya belum cukup yakin dengan pekerjaan saya saat ini. Saya belum yakin kalau inilah jalan hidup atau pilihan karir yang selanjutnya akan saya jalani. Dalam hati masih ada keinginan untuk mencari yang lebih baik. Dan karena itulah saya masih meng-apply pekerjaan ke tempat lain untuk posisi yang berbeda dengan yang saat ini saya jalani. Memang, pada saat pertama kali saya “tercebur” di dunia broadcasting dan entertainment ini background pendidikan saya tidak sesuai. Cukup banyak adaptasi yang perlu saya lakukan sampai saat ini. Tapi saya tidak menyesali pilihan itu, karena memang pilihan untuk menerima tawaran pekerjaan di perusahaan ini adalah keputusan saya sendiri. So, I have to take full responsibility about it.🙂

Satu hal yang selalu saya yakini adalah, “Berusaha mendapatkan sesuatu yang lebih baik bukan berarti tidak mensyukuri apa yang saat ini kita miliki”. Dan atas dasar itulah, saya tetap berusaha mencari pekerjaan yang lebih baik, dan tetap mensyukuri pekerjaan yang sekarang saya jalani. Bukan berarti pekerjaan sekarang tidak baik, bukan juga karena saya orang yang tidak pernah puas. Sungguh, tidak. Mungkin sebagian orang yang ada di sekitar saya, mungkin teman-teman saya di kantor ini akan menganggap saya tidak bersyukur diberikan pekerjaan ini oleh Allah. Saya tidak bisa menyalahkan mereka, tapi yang pasti saya punya alasan saya sendiri. Semoga mereka nantinya mengerti (kalau ternyata nantinya kami bareng-bareng lagi).

Memang saya sendiri yang menyatakan bahwa saya menghindari pekerjaan IT yang berhubungan dengan coding-mengcoding alias programming. Namun, sebenarnya saya juga tidak membayangkan akan keluar sebegitu jauh dari jalur pendidikan saya itu. Di dunia IT dan CS pun saya masih punya pilihan pekerjaan yang saya inginkan, misalnya sebagai IT Auditor, atau Business Process Analyst, atau pekerjaan lainnya yang tidak menuntut saya untuk programming. Jujur saja, saya merasa tidak cukup bisa untuk jenis pekerjaan itu, walaupun background saya Fasilkom UI. Saya hanya tidak ingin melakukan hal yang tidak optimal dan tidak menghasilkan hasil terbaik dengan effort yang optimal.

Saya tidak ingin mengeluh tentang pekerjaan saya, karena saya sudah pernah berjanji kepada diri sendiri untuk berusaha tidak mengeluhkan pekerjaan. Orang-orang pasti tidak nyaman mendengar/melihat keluhan saya, sama seperti ketidaknyamanan saya saat melihat/mendengar teman saya mengeluh tentang pekerjaannya. Saat ini saya hanya berusaha melakukan yang terbaik di sini, di pekerjaan ini. Sekalian juga mencari pengalaman sebanyak-banyaknya di “dunia luar” dari dunia yang biasanya saya tempati. Yah, hitung-hitung latihan survive di luar zona nyaman lah, hehe…

Saya selalu ingat janji Allah di Al-Quran, bahwa Apabila kita bersyukur, Allah akan menambah nikmat yang kita terima. Namun bila kita tidak bersyukur (dan justru terus mengeluh), maka justru nikmat itu akan diangkat dari kita. So, yuk mari teman-teman selalu bersyukur atas segala yang kita miliki dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Kalau memang nantinya saya ditakdirkan bekerja di sini, saya yakin Allah punya skenario yang lebih baik dan indah bagi saya🙂

Oh iya, saat ini saya bekerja sebagai Broadcast Development Program di PT Cipta TPI, saat ini sedang ditempatkan di Creative Center.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

