Perbuatan Mubadzir dalam Islam – Sebuah Telaah Kandungan Surat Al-Isra ayat 26-27

Assalamualaikum…

Sebenarnya udah dari lama saya pengen coba menulis tentang pembahasan dan pandangan saya atas suatu kandungan ayat Al-Qur’an. Untuk edisi pertama, saya ingin coba untuk membahas surah Al-Isra ayat 26-27 (17: 26-27). Dengan saya membahas Al-Qur’an bukan berarti saya menganggap diri saya orang yang paham sekali terhadap kandungan Al-Qur’an. Saya hanya ingin berbagi dengan temen-temen yang membaca tulisan saya ini, dengan beberapa pendekatan yang akan saya bahas selanjutnya. Seperti yang pernah dikatakan Rasulullah, “balighu anni walau ayyah” atau “sampaikanlah walau hanya satu ayat” (HR Bukhari).

Berikut ini adalah terjemahan dari surat Al-Isra ayat 26-27.

(26) Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

(27) Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.

Inti kandungan dari dua ayat tersebut adalah agar kita mengatur dan membelanjakan harta kita secara tepat, yaitu dengan membelanjakan di jalan Allah, memberikan bagian harta kita kepada yang berhak dan tidak menghamburkan harta kita atau boros. Yang ingin saya bahas adalah bagian “dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya”. Bagian itu menerangkan tentang peringatan dari Allah SWT agar kita tidak melakukan pemborosan, menghambur-hamburkan, dan menyia-nyiakan harta yang kita miliki.

Pada ayat 26, secara jelas Allah melarang kita melakukan pemborosan, yaitu pada “Janganlah kamu”. Artinya berbuat boros adalah termasuk perbuatan yang dilarang oleh Allah. Perbuatan yang dilarang Allah berarti sesuatu yang tidak baik dan tidak membawa manfaat, terlebih lagi bila dilakukan kita akan mendapatkan dosa. Secara umum, segala bentuk pemborosan dan penghambur-hamburan harta adalah perbuatan yang dilarang dalam Islam.

Pada ayat selanjutnya yaitu di ayat 27, kita diberitahu oleh Allah SWT bahwa orang-orang yang melakukan pemborosan dan berbuat mubadzir adalah saudara setan. Padahal setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya yaitu Allah SWT. Nah, kalau para pelaku pemborosan dan mubadzir itu adalah saudara setan, berarti mereka bersaudara dengan makhluk yang ingkar atau mengkafiri Allah SWT. Mereka sama saja melakukan perbuatan ingkar kepada Allah SWT dengan melakukan perbuatan mubadzir. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan mubadzir, amin.

Dari kedua ayat tersebut, saya ingin menarik sebuah korelasi antara perbuatan mubadzir dan pemborosan dengan MEROKOK. Okelah sampai saat ini belum ada fatwa haram dari Majelis Ulama Indonesia yang melarang merokok untuk seluruh umat Islam (hanya ada larangan untuk anak-anak atau kalangan tertentu). Mereka hanya bilang merokok hukumnya makruh. Padahal tahukah anda apa arti dari makruh? Makruh berasal dari akar kata bahasa Arab yaitu ‘karuha’ yang berarti ‘benci’. Makruh berarti sesuatu yang dibenci. Kalau dalam hukum Islam, makruh berarti sesuatu yang dibenci oleh agama, dan pastinya dibenci oleh Allah. Arti lain dari ‘karuha’ adalah ‘perbuatan keji, atau buruk’. Jadi, kalau disatukan makna dari makruh adalah sesuatu perbuatan keji dan buruk yang dibenci oleh Islam (dan Allah). Apakah kita mau melakukan perbuatan keji? apakah kita mau dibenci oleh Tuhan kita? Saya rasa tidak. Memang terasa sangat berat, tapi sayangnya saat ini banyak orang yang meringankan pengertian makruh sebagai pembenaran untuk merokok.

Kembali ke kedua ayat yang dibahas dari awal, bagi sebagian besar orang (atau setidaknya bagi saya pribadi) merokok adalah perbuatan mubadzir, sia-sia, dan menghambur-hamburkan uang. Dihubungkan dengan kedua ayat di atas, berarti merokok sama saja dengan bersaudara dengan setan yang ingkar/mengkafiri Allah dan dibenci oleh Allah. Dalam arti lain, merokok dilarang oleh Allah, karena berbuat mubadzir pun dilarang oleh Allah. Berarti juga para perokok sama saya saudaranya setan yang ingkar pada Allah. Ini semua sumbernya valid langsung dari Allah, karena ternyata dalam Al-Qur’an ada diterangkan dengan jelas. Silahkan dicerna dan dipahami dengan pikiran yang terang dan hati yang lapang. Saya nggak bilang merokok itu haram, karena saya bukan majelis fatwa. Namun, setidaknya saya bisa memfatwakan kepada diri saya sendiri untuk tidak merokok dengan dasar hukum kedua ayat yang telah dibahas. Saya pun tidak memberi cap bahwa para perokok adalah saudara setan, saya hanya melakukan pembahasan dan telaah kandungan Al-Qur’an.

Semoga bisa diambil manfaatnya. Wallahu alam bisshowab. Mohon maaf bila ada kekeliruan, hanya kepada Allah saya memohon petunjuk dan ampunan.

Wassalamualaikum…

Daftar Pustaka:

  1. q bangga menjadi orang islam.tapi q blum tw smua tentang ajaran islam.g mnax cara y spaya kta bsa sllu mndktkan diri kpda allah swt??????????????????

      • aal_mustofa
      • February 20th, 2012

      Islam ituc indah…jika kita mengaku islam wajib tuk mengerjakan 5 waktu…5 waktu itu di kerjakan dahulu..dengan kemantapan hati…dan tanpa ada yg lebang…jk sudah di kerjakan sholat sunnah : malam adalah tahajud,pagi : dhuha, dan wktu setelah dan sebelum sholat wajib takhiyatal masjid dan khobliya masjid,sunnah ini ada wktu yg trlarang….yg sunnah lebih utama adalah tahajud dan sholat dhuha…terimakasih

  2. Sukron, tadi saya pakai untuk dalil di blog saya. Jadi mohon izin. Ah, saya malu dengan insiden sore tadi. Saya khilaf,saya boros…

    • tanty rahayu
    • September 6th, 2010

    maksi ya yang nulis artikel ini udah ngebantu banget dalam hal materi maupun non materi

    • unamed
    • December 20th, 2010

    mu tny donk…

    kl makruh it ad gk sih pnjelasanny dlm alquran atau hadist sunah rasul???

    • rei
    • September 25th, 2011

    situs.a sangat membantu🙂

  3. @ masya Allah, trimakasih mind,heeem

    • Billy iScreamo
    • November 29th, 2011

    wew

    • bismar
    • January 20th, 2012

    ah, sesat nih… tendensius sekali. kalo emang dilarang merokok jelas2 disebutkan dilarang.. seperti miras dsb.. baru deh saya percaya. jangan asal maen dihubung2kan antara boros dan rokok dong.

    • bismar
    • January 20th, 2012

    ah masih belum puas nih….karena saya perokok.., saran saya jangan sok suci… lebih baik perbanyak zikir.. mikir… gak perlu sok2an nulis yg gak mutu.

  4. bagus

    • hamba
    • August 1st, 2012

    aslkm,,iya itu jk dilihat dr sisi ayat itu bs dijadikan pembenaran tp dalam suatu sudut pandang permasalahan :
    1. tidak bisa dimaknakan sendiri suatu arti atau tafsiran karena butuh referensi dr berbagai sumber (afwan saudara kurang mnjelaskn sumber2 nya hanya dari arti ayat tersebut
    2. setiap prmasalahan dlm yg dikaitkan dgn suatu ayat tidak bs diputuskan hanya oleh ayat tersebut ada ayat referensinya dan juga pembanding bagi ayat tersebut.
    3. lihat asal muasal turunnya ayat tersebut
    4.dll
    *afwan bukan saya mengkritikan akhi tp hanya memberikan masukan*

  5. assalamualaikum,,syukron mau numpang koment,,sedikt tentang firman Allah Artinya: “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu Termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (Q.S. Luqman: 17) kesimpulanya kalw merokok itu baik dan ada manfaatnya sah-sah saja.tpi kalw merokok itu tidak baik kenapa kita ga meninggalkanya ?? menurut saya rokok itu tidak ada manfaatnya makanya saya brusaha untk bernti mrokok.deminkian kalw ada salah kata dlm mengartikan mohon maaf

  6. I just like the helpful info you supply on your articles.
    I will bookmark your weblog and take a look at once more here frequently.
    I’m rather certain I will learn many new stuff right here!
    Good luck for the next!

  7. Terima kasih atas tausiahnya, sangat bermanfaat. Jazakallohu khoiron katsiron. Aamiin….

  1. January 19th, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: