So, What’s Next?

Seperti yang sudah saya ceritakan di tulisan sebelumnya, pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2010 lalu saya telah diwisuda. Kehidupan kuliah sarjana saya telah berakhir. Banyak yang bertanya kepada saya mengenai rencana-rencana saya ke depan. Lalu, apa yang akan saya lakukan selanjutnya?

Secara garis besar sebenarnya rencana hidup saya pada tahun 2010 ini sudah saya rancang dan tuliskan pada Resolusi 2010 saya (baca tulisan ini untuk mengetahui: Resolusi 2010 – Pembuka Semangat Awal Tahun). Alhamdulillah poin pertama dari resolusi tersebut, yaitu lulus dan diwisuda, sudah tercapai. Untuk selanjutnya, saya akan berusaha untuk mencapai poin-poin berikutnya dari 20 poin (20++ sebenarnya karena ada tambahan) tersebut. Yang paling dekat dan paling utama untuk dicapai adalah poin nomor 2, “Bekerja di perusahaan multinasional atau bank syariah, dengan remunerasi, lingkungan kerja, jenjang karier, dan kesempatan mengembangkan diri yang baik dan memuaskan”.

Ya, memang setelah saya lulus kuliah, rencana terdekat saya adalah bekerja, bukannya meneruskan kuliah, membuka usaha, apalagi menikah😀. Sebenarnya dari beberapa waktu sebelum wisuda pun saya sudah mulai melamar pekerjaan di beberapa tempat. Alhamdulillah sudah mulai dipanggil untuk melakukan psikotest dan interview. Jadi, yang saya lakukan saat ini ya mencari lowongan pekerjaan, meng-apply lowongan yang saya inginkan, menunggu panggilan, sambil berdoa. Dari semua lowongan yang sudah saya apply, sudah ada 2 yang berproses. Yang pertama adalah The Nielsen Company dengan posisi sebagai Project Management Executive (PMO). Untuk lowongan ini, saya sudah lolos psikotest dan sudah di-interview. Saat ini masih menunggu pemberitahuan apakah lolos ke seleksi selanjutnya. Doakan ya semoga bisa terus, amin. Sedangkan yang kedua adalah di TPI untuk posisi Creative Development Program (CDP). Untuk yang ini sebenarnya saya hanya sekedar iseng mengirimkan application. Eh, ternyata dipanggil untuk melakukan psikotest pada hari Rabu lalu. Saat ini saya masih menunggu hasilnya.

Kalau dilihat dari poin kedua resolusi saya, sebenarnya saya menginginkan untuk bekerja di perusahaan multinasional atau bank syariah. Untuk yang perusahaan multinasional, The Nielsen Company jelas masuk dalam kategori ini. Untuk yang bank syariah, saya berharap dapat bekerja di Bank Muamalat Indonesia atau Bank Syariah Mandiri melalui jalur Officer Development Program atau ODP. Program ODP ini adalah program pendidikan khusus untuk menyiapkan para pesertanya untuk menjadi pemegang posisi penting di perusahaan dan ditempatkan di seluruh cabang yang ada. Bisa dibilang ini program akselerasi yang membutuhkan proses pendidikan selama 6 bulan – 1 tahun. Menurut senior saya yang bekerja sebagai di HRD BSM, program tersebut sangat baik untuk bisa mencapai jenjang karir tinggi dengan waktu yang relatif cepat. Beliau juga menyarankan agar saya mengikuti program ini. Sayangnya untuk BSM saat ini sedang tidak membuka program tersebut. Sedangkan Bank Muamalat, kata teman saya, sedang membuka lowongan untuk ODP. Insya Allah saya akan mencoba untuk meng-apply di sana.

Saya berharap bulan Februari ini saya sudah bisa mulai bekerja, agar tidak kelamaan juga menganggur di rumah. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk saya. Amin.

Selain rencana untuk bekerja, saya juga akan mulai berusaha mencapai poin-poin lain dalam resolusi 2010. Saya akan mulai membiasakan diri menggunakan English agar lebih lancar dan memudahkan saya kalau di kantor nantinya memerlukan penggunaan English secara aktif dan rutin. Rencana terdekat lainnya adalah berkontribusi aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan melalui PMI dan/atau BSMI, serta gabung di LSM lingkungan hidup. Terus juga melanjutkan belajar bermain gitar, target sebelum tengah tahun ini sudah lancar dan bisa tampil nyanyi sambil main gitar. Untuk rencana aktif kembali menulis, Alhamdulillah ini sedang dalam proses untuk terus aktif menulis di Apa Kata Sidik. Saya juga sudah berencana untuk membuat reuni angkatan 2002 SMP Negeri 10 bareng sama sahabat saya Indra Aji. Reuni angkatan 2005 SMA Negeri 68 juga sudah digulirkan isunya, tinggal mengumpulkan orang-orang untuk merealisasikannya.

Yah, bisa dibilang, setelah poin pertama resolusi saya tercapai, yang selanjutnya saya lakukan adalah berusaha mencapai resolusi-resolusi lainnya. Saat ini saya sedang dalam proses untuk mencapai semua solusi tersebut, walaupun progress masing-masingnya berbeda. Dan tiap poin-poin resolusi tersebut sebenarnya saling berhubungan dan mempengaruhi, sehingga semuanya penting untuk dicapai. Yang perlu saya lakukan adalah ikhtiar seoptimal mungkin dengan tidak lupa berdoa dan memohon kepada Allah agar diberikan jalan yang terbaik. Doakan saya ya!

    • fefe
    • February 4th, 2010

    mau nanya dunk.. psikotes di nielesen tesnya apa aja ya? saya juga akan ikut psikotes bsk.. hehe.. tp deg2an tkt ga lulus… makasi..

  1. February 1st, 2010

Leave a Reply

