Rekomendasi Lagu: Sahabat Kecil – Ipang

Udah nonton film Laskar Pelangi? Kalo udah, pasti tau donk kalo lagu-lagu di film itu bagus-bagus. Kalo belum, wah saya sarankan untuk nonton deh, one of the best Indonesian movies ever. Namun, kita bukan akan membahas tentang film Laskar Pelangi. Tulisan ini tentang salah satu lagu yang sangat keren dalam film itu.

Jadi, di dalam album original soundtrack (OST) film Laskar Pelangi, ada satu lagu yang sangat saya suka dan sering saya nyanyikan. Lagu itu berjudul Sahabat Kecil, diciptakan dan dinyanyikan oleh Ipang. Ipang memang terkenal sebagai seorang musisi dan pembuat lagu yang berbakat dalam menghasilkan musik yang keren, termasuk lagu ini. Banyak hal yang membuat lagu ini menjadi lagu yang keren dan indah. Di antaranya yaitu liriknya yang indah dan sederhana, musiknya yang sederhana namun syahdu, dan dinyanyikan dengan merdu dan penuh penghayatan oleh Ipang.

Ipang – Sahabat Kecil

Baru saja berakhir
Hujan di sore ini
Menyisakan keajaiban
Kilauan indahnya pelangi

Tak pernah terlewatkan
Dan tetap mengaguminya
Kesempatan seperti ini
Tak akan bisa dibeli

Bersamamu kuhabiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinya

Melawan keterbatasan
Walau sedikit kemungkinan
Tak akan menyerah untuk hadapi
Hingga sedih tak mau datang lagi

Bersamamu kuhabiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinya

Janganlah berganti
Janganlah berganti
Janganlah berganti
Tetaplah seperti ini

Janganlah berganti
Janganlah berganti
Tetaplah seperti ini

***

Coba perhatikan tiap baris dari lirik tersebut. Pemilihan kata-katanya cenderung sederhana, namun mengandung makna yang dalam. Pada salah satu episode Tatap Muka, Om Farhan pernah mewawancarai Ipang tentang inspirasinya dalam menciptakan lagu ini. Menurut Om Farhan, lagu Sahabat Kecil ini salah satu lagu terbaik yang pernah dibuat oleh Ipang, sama seperti yang dirasakan oleh Ipang. Ternyata, Ipang mendapatkan inspirasi pada saat membaca novel Laskar Pelangi, ketika kesepuluh bocah di novel itu berada di pinggir pantai memandang pelangi. Dan bagian yang paling ia sukai adalah bait pertama, sangat sesuai dengan setting inspirasinya dari novel tersebut.

Lagu yang bermakna dalam. Ya, memang lagu ini bercerita tentang persahabatan, perjuangan, pengalaman yang indah, dan mimpi-mimpi. Kalau bagi saya, bagian yang paling “dalem” adalah di bagian reffrain, yaitu “Bersamamu kuhabiskan waktu, Senang bisa mengenal dirimu. Rasanya semua begitu sempurna, Sayang untuk mengakhirinya”. Bagian itu menggambarkan kisah persahabatan yang indah dan menyenangkan, yang tidak ingin diakhiri sampai akhir. Sebenarnya saya berencana untuk membawakan lagu ini pada saat saya wisuda bersama-sama dengan mayoritas teman-teman saya Fasilkom 2005. Kisah perjalanan kami selama 4 tahun terasa begitu indah dan belum ingin saya akhiri. Tapi, ya karena alasan yang sudah diketahui (saya tidak wisuda saat itu), akhirnya belum kesampaian juga keinginan saya. Mungkin bisa kesampaian pada saat wisuda Fakultas tanggal 30 Januari 2010 nanti, walaupun saya tidak begitu yakin.

Makna perjuangan meraih impian juga terasa di lagu ini, terutama pada lirik “Melawan keterbatasan, Walau sedikit kemungkinan. Tak akan menyerah untuk hadapi, Hingga sedih tak mau datang lagi”. Dalam film Laskar Pelangi memang digambarkan bahwa anak-anak SD Muhammadiyah Gantong itu memiliki banyak keterbatasan. Namun, hal itu tidak menjadikan mereka menyerah pada nasib. Mereka tetap berjuang dengan terus belajar dan bersekolah. Hingga sedih tak mau datang lagi. Ya, dengan berjuang dan berusaha, pada akhirnya yang dirasakan adalah kepuasan dan kebahagiaan. Lagu ini agaknya bisa menginspirasi kita untuk melawan segala keterbatasan yang menghalangi perjuangan kita serta pantang menyerah dalam mewujudkan mimpi-mimpi besar kita.

Dari segi musik, lagu ini menawarkan melodi dan nada yang sederhana. Namun, dari kesederhanaan itulah maknanya didapat. Sebagian besar hanya diisi oleh petikan dan genjrengan gitar dari Ipang, walaupun terdengar juga alunan keyboard, bass, tamborin, dan biola. Melodi-melodi yang indah ini terasa nyaman terdengar di telinga, tanpa ada kesan berlebihan atau dibuat-buat. Terlebih lagi, musik ini memang karya orisinil dari Ipang, bukan hasil plagiat dari musik luar. Dan hasilnya, lagu ini disukai dan bisa dinikmati oleh banyak orang.

Selain dari lirik dan musiknya, lagu ini juga menjadi lagu yang sangat enak dan keren adalah karena dinyanyikan oleh Ipang. Penghayatannya sempurna, karena memang lagu ini diciptakan sendiri olehnya. Oiya, I’m a biggest fan of Ipang’s voice. SUARA IPANG KEREN! Dari semua jenis timbre suara manusia, saya paling suka dengan suara yang berat, agak serak, nge-rock, tapi merdu dan enak didenger. Dan suara Ipang masuk ke dalam kategori tersebut, seperti juga saya menyukai suara Chris Daughtry dan Myles Kennedy, atau Kaka Slank. Di lagu Sahabat Kecil ini, tanpa perlu berteriak-teriak atau maksa, Ipang menunjukkan seperti apa suara yang nge-rock…dan sangat enak didengar.

Inspirasi yang indah, lirik yang indah dan penuh makna, musik yang sederhana dan syahdu, ditambah penghayatan dan suara yang mantab. Saya rasa sudah lengkap suatu lagu untuk menjadi lagu yang sangat bagus. Supaya anda bisa merasakannya sendiri, silakan anda dengar sendiri lagu ini. You gotta listen this song, because it’s an awesome song! You’re gonna love it!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: