Se7en – My Most Favourite Movie

Highly recommended movie to watch! 10 out of 10!

Dari begitu banyak film yang pernah dibuat, dari banyak film yang sudah pernah saya tonton, ada beberapa film yang berkesan dan membekas dalam ingatan saya. Film-film itu bisa dipastikan adalah film yang sangat bagus atau sangat buruk. Dari film-film tadi ada yang menjadi film favorit saya, seperti Se7en, Silence of the Lambs, Seven Samurai (Shichinin no Samurai), Kala, dll. Kali ini saya ingin memberikan review untuk film yang paling saya suka dan favoritkan, yaitu Se7en. Ini sebagai rekomendasi kepada pembaca yang punya hobi menonton film, pencinta film, atau kritikus film.

Se7en

Judul : Se7en
Tahun : 1995
Sutradara : David Fincher
Pemain : Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow, Kevin Spacey
Genre : crime, thriller, mystery
Produksi : New Line Cinema
Rating : R-Rated

Film ini bercerita tentang dua orang detektif kepolisian yang bertugas di sebuah kota. Yang pertama adalah William Somerset, seorang detektif tua yang akan segera pensiun dan telah lama bertugas di kota tersebut. Yang kedua bernama David Mills, seorang detektif muda yang penuh semangat dan baru saya ditugaskan ke kota tersebut. Mereka berdua ditugaskan untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang pembunuh misterius. Cerita bergulir dari mulai kasus pembunuhan pertama sampai pembunuhan terakhir, dengan segala misteri dan rahasia yang terkait di dalamnya. Ternyata si pembunuh terinspirasi dari kisah Seven Great Sins yang ada di bible dan di buku-buku karangan Dante Alighieri yang menerangkan tentang adanya 7 dosa besar yang dilakukan oleh manusia. Itulah mengapa film ini berjudul Se7en.

Mengapa film ini sangat saya suka dan saya rekomendasikan? Menurut saya, ada beberapa hal unik dan berbeda yang terdapat dalam film ini. Hal-hal tersebut yang menjadikan film ini keren dan beda dari yang lain.

  • Kisahnya unik dan memang sudah ada dari jaman dahulu kala. Walaupun banyak sekali film yang terinspirasi dari seven great sins, tapi satu-satunya film yang bisa mengangkatnya secara apik dan mantap ke dalam film ya hanya di film ini menurut saya. Selain itu, film ini terasa sangat dekat dengan kita, karena yang dibahas adalah mengenai manusia dan perilakunya. Semuanya dibahas dengan terbuka dan jujur di film ini. Semua orang pernah melakukan dosa, dan mungkin salah satu dari dosa besar tersebut. Secara tidak langsung kita bisa berkaca tentang apa yang terjadi pada diri kita di film ini. Penonton pun bisa tahu apa saya muatan yang dibawa pada film ini karena diceritakan secara jelas dalam film ini, seperti saya yang langsung tertarik akan kisahnya dan mencari tahu lebih lanjut.
  • Dikisahkan secara jujur dan terbuka, tanpa dibuat-buat. Semua yang ada dalam film ini terasa nyata dan seperti ada dalam keseharian hidup kita. Saat ini, bukan hal yang mengherankan jika tiap hari terjadi kasus pembunuhan, sama seperti di film ini. Penggambaran manusia sebagai fokus utama di film ini juga sangat natural, dengan berbagai sifat baik dan sifat buruk, tanpa dibuat sesempurna atau sejahat mungkin seperti di film-film lain. Di film ini dapat terlihat jelas apa yang dimaksud dengan hitam, putih, dan abu-abu. Tokoh protagonis tidak sepenuhnya baik, begitu juga dengan tokoh antagonis yang punya sisi positif yang bisa diambil sebagai pelajaran.
  • Aktor-aktor hebat berkumpul dalam satu film. Saya sangat menyukai kombinasi pemain-pemain film ini. Brad Pitt, Morgan Freeman, dan Kevin Spacey, ketiganya adalah aktor hebat dan favorit saya. Begitu pula dengan Gwyneth Paltrow yang berperan sebagai istri Brad Pitt. Ketiga aktor plus satu aktris ini sangat berhasil membuat film ini menjadi film yang hebat karena akting mereka yang hebat. Menurut beberapa kritikus, bisa dibilang akting Brad Pitt di film ini adalah puncak keemasan aktingnya di dunia perfilman. Dan saya sepakat dengan hal itu. Morgan Freeman sudah beberapa kali menang piala Oscar (Academy Award). Begitu pula dengan Kevin Spacey dan Gwyneth Paltrow yang sudah pernah menjadi best actor dan best actress. Hanya Brad Pitt yang belum pernah mendapatkan piala Oscar, walapun sudah 3 kali menjadi nominasi. Semoga di Academy Awards tahun ini Brad Pitt bisa mendapatkan piala Oscar karena menurut saya dia pantas untuk mendapatkannya.
  • Alurnya pas, tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat. Cukup pas untuk bisa diikuti secara fokus. Yang saya paling suka adalah endingnya yang tidak terduga. Tidak ada yang namanya “happily ever after” di film ini, seperti di banyak film lainnya, karena pada realitanya hidup manusia tidak selalu berakhir bahagia seperti di kisah fairy tale. Tidak ada juga yang namanya “pada akhirnya kebaikan pasti menang dari kejahatan” karena ternyata sebagian besar berakhir abu-abu, tanpa jelas siapa yang menang siapa yang kalah. Tidak ada juga yang namanya “tokoh yang sangat kuat, susah mati, dan die hard scene”. Saya tipe orang yang tidak suka karakter sempurna dan tak terkalahkan di film. Tidak nyata, apalagi ditambah die hard scene dimana si tokoh di film tidak mati-mati padahal sudah kena bom, ditembak, atau tertabrak kereta. Semua di film ini benar-benar manusia apa-adanya, yang bisa senang, sedih, marah, depresi, dan mati. Tidak ada juga yang namanya “teknologi sangat mutakhir yang tiba-tiba ada” yang keberadaannya justru merusak cerita karena. Itulah yang membuat film ini nyata dan sesuai realita kehidupan kita.
  • Cocok bagi penggemar kisah thriller, mistery, crime, dan suspense. Memang saya akui film Se7en ini bukanlah film yang bisa dikonsumsi oleh semua orang. Banyak adegan yang mungkin tidak cocok ditonton anak-anak, misalnya di tempat kejadian pembunuhan di mana terdapat mayat korban pembunuhan. Film ini juga kurang cocok untuk orang-orang yang tidak tahan melihat hal-hal yang agak ‘disturbing’ seperti mayat dan darah. Tapi saya tetap merekomendasikan kepada anda semua pecinta film untuk menonton film ini, karena banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini, bahkan dari seorang serial killer seperti John Doe. Terbukti dengan banyaknya orang yang mengagumi karakter dari John Doe ini, termasuk saya (beberapa karakter yang positif).

    Beberapa quote favorit saya di film ini:

    • We see a deadly sin on every street corner, in every home, and we tolerate it. We tolerate it because it’s common. It’s Trivial. We tolerate it morning, noon, and night. Well, not anymore. I’m setting an example. And what I’ve done will be puzzled over, and studied, and followed forever. – John Doe
    • You’re no messiah. You’re a movie of the week. A f***ing t- shirt….at best. – David Mills
    • The Lord works in mysterious ways. – John Doe
    • Ernest Hemingway once wrote: “The world is a fine place and worth fighting for.” I agree with the second part.William Somerset

    Yang membuat saya sangat suka juga dengan film ini adalah karena film ini bisa membuat penonton berpikir tentang mana yang benar, mana yang salah, mana yang abu-abu. Banyak bagian di film ini terasa abu-abu dan penonton sendiri yang menentukan.

    So, selamat menonton!

    1. Hati-hati! Film ini memiliki banyak muatan nasrani dan yahudi yang terselubung. Yang paling terlihat justru dari seven deadly sins tema film itu sendiri. Silahkan cari di buku2 sejarah bagaimana upaya para pendeta katolik roma menjustifikasi dosa2 menjadi 7 dosa pembawa celaka ini. Sangat berbau propaganda kristiani🙂

      Ngomong2 anda tentu pernah tahu betapa Dante Alighieri menempatkan sosok pengadu domba bernama Mahomet bersama Ali di lingkaran kedelapan (Fraud) Bolgia 9 dalam bab neraka Inferno karya terkenalnya La Divina Commedia.

      Ini hanya pengingatan. Ini pun hanya salah satu sisi. Kalo mau liat sisi lain silakan. Saya pun melihat sisi lain kok, yang positif dan yang negatif.

      • wah….nyengir aja deh saya…anyway…thx atas komennya

    2. woy, jo!

      salam kenal

    3. Wah film kesukaan lo banyak yang depannya S ya: Se7en, Silence of the Lambs, Seven Samurai (Shichinin no Samurai), Sala. Hahaha.

    4. setuju sdr yusahrizal, kyk film2 amerika tentang perang, dulu wktu sy masih kecil, sy liat mereka itu pahlawan yg berani berkorban untuk bangsa lain. ternyata skrg sy tau itu dibuat untuk memutar balikan fakta dan opini publik.

      tapi selama kita ngerti fakta sebenarnya, mnurut sy sah2 aja liat film pa jg.. nikmati ja jalan ceritanya..

      • :D
      • March 31st, 2012

      cvvvcvcvcvcvcvc

      • devi
      • June 20th, 2012

      gak jelas

      • raka
      • January 25th, 2013

      utk yg nicknamenya kaya kanji (paling pertama koment), lo itu rasis dan goblok, memang apa salahnya dengan film muatan nasrani ??
      emang dasar lo kampungan ! berpikirlah positif dongkoll..

      kalo mah itu film tdk berkenan ya udah tdk usah nonton, hiduplah di arab sana tempat pemerkosa dan penyiksa TKW !

        • Ryan
        • July 4th, 2015

        Lu ngatain orang rasis padahal lu same aje, rasis juga

      • dhonz
      • April 17th, 2013

      saya pikir film ini tergolong masterpiece…. buat yang suka thriller mungkin ini film paling cerdas yg pernah ditonton … sbenernya udah ketebak pasti endingnya gt.. tp bagusnya ni film buat emosi penonton ketahan sampe klimaksnya… endingnya bikin enek+mual+bikin kaki lemes… saya pun ga akan pernah mau nonton film ini lagi (not recommend)… disamping itu film ini bener2 berupaya memberikan pesan moral yang condong ke doktrin ..diluar akting yg brilian dimasing2 peran….. inti sari ceritanya aga BERBAHAYA buat kalian yg pny daya jelajah imajinasi tingkat tinggi dan terlalu mengagumi karakter insane tokoh john doe…karena saya pikir film ini di wilayah abu2 untuk protagonis dan antagonis… penafsiran benar dan salah serta baik dan buruk.. itu ada di pikiran masing2…endingnya memaksakan bahwa semua yg dilakukan john doe ada benarnya .. coba cek di kata2 si soretmen yg terakhir… saya harap ga ada yg terinspirasi dr film ini… hehehe

      • – Nisa –
      • May 31st, 2014

      aaaakkkk….saya baru habis nonton film Se7en ini di OChannel, karena habis baca komentar orang yg bilang film Brad Pitt yg ini bagus.

      Filmnya bener keren.
      Adegan favorit pas Mills ngajak ngobrol John Doe di mobil & Joe ngucapin bnyk kalimat seperti yg jadi Quotes favorit pemilik blog ini😛 – apa yg dibilang John Doe ada benernya juga.

      keren!
      endingnya gak terduga.

    1. No trackbacks yet.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: