Sidik, Blog, dan Sejarah Perjalanan Kami Berdua (Bagian 1)

Setelah beberapa tulisan terakhir berisi opini mengenai wacana dan isu-isu terbaru, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang kisah saya di dunia ngeblog ini. Dalam sejarahnya dari awal pertama kali ngeblog, saya sudah 4 kali ganti blog, plus 1 blog yang tidak saya publikasikan. Blog ini, https://apakatasidik.wordpress.com adalah blog pribadi keempat saya. Oke, mari kita mulai cerita dari blog pertama.

Seingat saya. pertama kali saya ngeblog adalah sekitar bulan September atau Oktober 2006. Saat ini memang beberapa teman saya, anak Fasilkom angkatan 2005 membuat blog, seperti Ilman, Leni, dan beberapa yang lain. Blog pertama saya di Blogger.com. Alamatnya http://sidicx.blogspot.com. Karena masih baru ditambah lagi saya suka yang simpel, jadi desainnya juga simpel (baca: nggak keren). Sebenarnya hal itu terus berlanjut sampai sekarang bahkan, karena memang saya nggak jago dan nggak suka desain-desain. Di blog itu, saya menulis berbagai macam hal, paling banyak sih tentang diri saya. Bisa dibilang itu semacam diary online saya, yang bisa dibaca orang lain. Kadang yang saya tulis dulu terlalu terbuka. Kalo sekarang dipikir-pikir lagi, wah ternyata saya memang benar-benar extrovert yah, hahaha.

Kemudian, sekitar setahun kemudian, bulan Oktober 2007 saya pindah blog. Sekali lagi alasannya karena saat itu ada beberapa teman saya yang menghosting dan membeli domain sendiri untuk blog nya. Kemudian saya berpikir, wah bagus juga tuh idenya, sekalian pengembangan juga. Akhirnya muncullah http://www.sidicx.com. Karena ditujukan sebagai penerus blog yang di blogspot, konten-konten dari blog lama pun di-export ke blog baru ini. Di sidicx.com, sebagian besar isinya pun masih tetap mengenai diri saya, bahkan bisa dibilang lebih “parah” (dengan tanda kutip) daripada blog sebelumnya yang di blogspot. Beberapa tulisan di sidicx.com menjadi kontroversi dan bahan omongan yang cukup ramai, baik lewat komentar ataupun di dunia nyata. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena tulisan di sini yang sekali lagi terlalu terbuka, ditambah lagi ada kesalahpahaman yang tambah rumit karena ada komentar-komentar yang tidak bertanggungjawab. Dan hal tersebut cukup mengganggu diri saya sehingga pada suatu titik akhirnya saya memutuskan untuk mengurangi intensitas saya menulis di blog itu. Inilah awal dari vakumnya saya di dunia ngeblog selama beberapa waktu.

Blog sidicx.com bertahan selama 2 tahun, walaupun di 1 tahun kedua semakin jarang diisi, bahkan ada sekitar 2 atau 3 bulan tanpa tulisan baru. Akhirnya tepat di saat berusia 2 tahun, yaitu sekitar bulan Oktober 2009, saya mengambil keputusan besar untuk tidak melanjutkan hostingannya. Dengan kata lain, menamatkan riwayat sidicx.com. Di akhir hidup sidicx.com, saya juga agak terlambat untuk mem-backup data-datanya, sehingga tulisan-tulisan yang ada di situ ada beberapa yang hilang. Walaupun sebagian besar bisa di-recover, saya memutuskan untuk tidak meng-export data-data tulisan lama saya ke blog baru saya selanjutnya. Dengan berakhirnya sidicx.com, maka berakhirlah kisah blog ke-2 saya dan berlanjut ke kisah blog ke-3.

Di periode ketiga sejarah ngeblog saya ini, ternyata saya masih secara sedikit banyak dipengaruhi oleh dua sahabat dekat saya, Ilman dan Leni. Setelah ngobrol-ngobrol dengan mereka, akhirnya saya membuat blog ketiga saya di dagdigdug.com. Langkah ini mengikuti jejak mereka berdua yang lebih dulu pindah ke dagdigdug. Oh iya, mereka juga sempat punya blog yang dihosting, dengan alamat di ilmanakbar.com dan rumahleni.com, tapi riwayatnya berakhir lebih awal daripada sidicx.com. Jadilah blog saya yang ketiga beralamat di http://sidicx.dagdigdug.com. Di blog ini karena awalnya saya bingung mau menulis tentang apa, beberapa isinya adalah tulisan di blog saya terdahulu yang di-post ulang. Ditambah beberapa tulisan yang tetap isinya masih berupa cerita tentang saya (baca: curhatan). Tapi, ternyata blog ini pun tidak bertahan lama. Penyebab utamanya adalah ketika saya memulai ngeblog di sini, saya sama sekali tidak punya visi ke depan akan seperti apa blog ini. Dan akhirnya saya pun jadi malas untuk menulis dan meng-update blog ini. Saya pun vakum lagi selama sekitar 1 bulan. Sampai akhirnya di akhir bulan Desember 2009 saya mendapatkan ide baru dan semangat baru. Saya berniat untuk aktif menulis lagi, dan hal itu saya masukkan ke dalam resolusi hidup tahun 2010 saya. Selengkapnya bisa dilihat di <Resolusi 2010 – Pembuka Semangat Awal Tahun>.

Ide baru ini adalah dengan membuat sebuah blog yang benar-benar baru, beda dengan blog-blog saya yang sebelumnya. Di antara ketiga blog saya sebelumnya, memiliki kesamaan yang sangat kentara, seperti isi dan penamaannya. Ketiganya beralamat di sidicx dot blablabla. Ketiganya pun berjudul “Fantasista The 10” dan taglinenya pun relatif sama. Melalui blog yang benar-benar baru ini, saya ingin membuat trend baru dengan sebuah brand yang baru pula. Setelah melalui perenungan dan kontemplasi yang panjang dan mendalam (lebay), akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog baru di wordpress. Sebenarnya saya sudah pernah sign-up di wordpress dan sempat membuat blog di sini, namun tidak saya publikasikan. Dan akhirnya lahirlah sebuah blog yang benar-benar baru, yaitu https://apakatasidik.wordpress.com. Kenapa judulnya Apa Kata Sidik? Silahkan anda baca tulisan pertama saya di blog ini, Apa Kata Sidik – Sebuah Pengantar, yang menjelaskan alasan pemilihan nama itu. Singkat kata, ke depannya saya akan mengembangkan blog ini menjadi seperti apa yang saya inginkan, berupa opini, ide, pemikiran, pembahasan, komentar, dan kritik sosial dari saya. Saya pun telah punya visi yang jelas untuk blog ini. Dan akan saya jelaskan lebih lanjut di bagian kedua tulisan ini.

<Bagian Kedua: Blog sebagai Sarana Transmisi Ide dan Pewarnaan Opini>

  1. eh, ada nama gw dibawa-bawa..
    hehehe…
    great to know that i can be one of the influencers hahaha XP

    *komen gak penting*

    • eh eh…ternyata gantian deh lo yg ngikutin gw len…

      great to know that i can be your influencer…😄

  2. termakasih infonya, sangat bermanfaat , Abla

Leave a Reply

