Blog sebagai Sarana Transmisi Ide dan Pewarnaan Opini (Bagian 2)

Catatan: Bagi yang belum membaca bagian pertama, sangat disarankan membaca dulu <tulisan bagian pertama>. Terima kasih.

Visi yang saya miliki untuk https://apakatasidik.wordpress.com adalah menjadikan blog ini sebagai sarana transmisi ide dan pewarnaan opini. Tulisan bagian kedua ini akan menjabarkan tentang visi saya tersebut. Secara garis besar, visi tersebut terdiri dari dua hal, yaitu “transmisi ide” dan “pewarnaan opini”. Visi tersebut sudah disesuaikan dengan keinginan dan harapan saya. Bisa dibilang juga, dua hal tersebut adalah tujuan dari blog ini.

Visi yang pertama adalah menjadikan Apa Kata Sidik sebagai sarana transmisi ide. Dengan tujuan menjadikan blog ini sebagai sarana transmisi ide, sebenarnya saya sudah berhasil naik level dari penggunaan blog yang tadinya hanya sekedar tempat curhat atau tumpahan cerita pribadi, menjadi sarana menawarkan dan menghasilkan ide-ide. Secara tidak langsung, sebenarnya hal ini sejalan dan terinspirasi dari sebuah quote atau ungkapan terkenal dari Eleanor Roosevelt, yang berbunyi “Great minds discuss ideas. Average minds discuss events. Small minds discuss people.” Saya sangat sepakat dengan ungkapan tersebut. Blog ini pun akan menjadi sarana bagi saya untuk memberitahukan kepada dunia mengenai ide-ide, pemikiran, dan hal-hal besar yang ada di otak saya. Dan kemudian ide-ide dan pemikiran tersebut akan didiskusikan melalui adanya komentar-komentar dari para pembaca. Namun, blog ini pun tidak hanya akan berisi ide-ide saja. Tetap akan ada pembahasan mengenai suatu kejadian ataupun seorang tokoh, dengan tidak melupakan adanya pembelajaran dari hal-hal itu yang bisa memberikan ide-ide bagi saya dan para pembaca.

Pada beberapa tulisan yang sudah pernah saya tulis sebelumnya, biasanya diawali oleh adanya suatu wacana, atau peristiwa, atau kondisi. Misalnya pada tulisan <Ketika Etika Telah Terlupa – Potret Miris Parlemen Kita>. Ke depannya, pola tulisan akan seperti itu.  Atau bisa juga tanpa harus diawali oleh adanya pemicu, saya menawarkan suatu ide dalam menyikapi suatu hal. Intinya, proses transmisi dan diskusi ide tersebut akan menjadi tujuan dari adanya blog ini.

Visi yang kedua adalah menjadikan Apa Kata Sidik sebagai sarana pewarnaan opini. Melalui blog ini, saya akan memberikan opini, pendapat, pandangan,  komentar, kritik, saran, ataupun masukan terhadap suatu hal yang dibahas pada tulisan saya. Visi ini sejalan dengan tagline dari blog ini, “Kacamata Sidik Memandang Dunia”. Tulisan-tulisan di Apa Kata Sidik akan sesuai dan sejalan dengan apa yang dikatakan dan dipikirkan oleh Sidik dari kacamata pribadinya. Kadang opini tersebut pro, kadang kontra. Kadang memihak, kadang netral. Kadang sinis, kadang optimis. Tujuan pewarnaan opini ini adalah untuk memberikan suatu pandangan baru yang berbeda dari apa yang sudah ada sebelumnya, baik di internet maupun di media lainnya. Masing-masing orang punya opini tersendiri, begitu pula dengan saya. Dengan blog ini, saya ingin menawarkan sebuah cara pandang baru menyikapi suatu permasalahan. Mungkin berbeda dengan yang lain, mungkin juga sejalan. Dan akhirnya opini saya yang tertuang lewat blog ini akan ikut mewarnai opini-opini yang sudah ada.

Nuansa opini dalam setiap tulisan saya terasa begitu kental, karena saya coba untuk tidak terpengaruh dengan opini yang ada di luar. Seperti pada tulisan saya mengenai almarhum Gus Dur (tulisan 1 dan tulisan 2). Banyak orang di Indonesia yang mengagumi beliau dan menganggap beliau sebagai pahlawan, dengan pertimbangan mereka masing-masing. Saya pun memiliki opini sendiri tentang beliau, dan itu menghadirkan warna sendiri di antara warna yang sudah ada sebelumnya. Karena ternyata perbedaan pendapat dan opini tersebut memang sebuah fitrah dari kehidupan. Dan saya tidak takut untuk mengatakan jika saya berbeda pendapat dengan pihak lain. Yang terpenting adalah masing-masing pihak bertanggungjawab terhadap opininya dan tetap menghargai opini orang lain. Inilah yang saya maksudkan dengan pewarnaan opini.

Selain dua visi besar tersebut, mungkin blog ini juga akan berisi pengalaman hidup yang saya alami, dengan tidak melupakan unsur penyampaian ide dan opini pribadi di dalamnya. Saya berharap visi ini dapat saya terapkan seterusnya dan blog ini bisa berkembang terus. Dan tidak hanya berkembang, blog ini juga bisa bermanfaat dan menghadirkan nuansa baru bagi yang membacanya. Begitu pula dengan saya yang mendapatkan pembelajaran baru melalui diskusi dan komentar pada setiap tulisan yang saya buat. Terakhir, saya ucapkan selamat datang di blog saya ini, https://apakatasidik.wordpress.com.

Selamat membaca dan menikmati!🙂

  1. oh, bagus lah dik. gw sangat mendukung ide lo bahwa lo bakal ngasih ide dan opini di kejadian pribadi lo, jadi ga akan kaya curcol doank, hoho. semoga lo bisa nulis terus ye.

  2. certainly like your web site but you have to test the spelling
    on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I in finding it very troublesome to inform
    the truth however I’ll certainly come back again.

  3. Thank you, I’ve recently been looking for info approximately this topic for ages and yours is the best I have came upon so far.
    However, what concerning the bottom line? Are you sure about the source?

  1. January 11th, 2010

Leave a Reply

