Resolusi 2010 – Pembuka Semangat Awal Tahun

Setelah pengantar, saya memilih membuka tulisan di blog ini dengan berbagi resolusi hidup saya di tahun 2010 mendatang. Seingat saya, ini pertama kalinya dalam hidup, saya membuat resolusi awal tahun dalam bentuk poin-poin yang mendetail dan tersusun rapi. Hmmm, mungkin salah satu hal yang membuat saya terdorong untuk membuat resolusi 2010 ini karena saya merasakan tahun 2009 ini berakhir tanpa saya mengoptimalkan dan memberikan yang terbaik yang saya miliki. Hasilnya, tahun 2009 dilewati dengan kurang optimal. Salah satu alasan lain adalah karena ketika saya memasuki tahun 2009, seingat saya, saya tidak punya gambaran yang jelas dalam menjalani tahun 2009. So, hikmahnya saya merasa bahwa untuk tahun 2010 mendatang, saya harus merancangnya dengan baik.

Dengan diawali niat yang baik dan membaca bismillah, saya launching My Life Resolution in 2010 dengan harapan bisa memberikan yang terbaik dalam hidup saya pada tahun 2010 mendatang.

resolusi2010

resolusi2010

(klik untuk perbesar)

Di tulisan ini saya juga ingin berbagi alasan saya kenapa poin-poin resolusi tersebut yang saya pilih sebagai resolusi hidup 2010 saya. Harapannya, di antara pembaca nanti ada yang bisa mengingatkan apabila saya terlupa dengan resolusi tersebut.

Poin pertama: cukup jelas. Keinginan saya lulus dan diwisuda sebenarnya sudah sejak akhir semester lalu. Untuk itu saya letakkan hal ini di poin pertama karena ini resolusi 2009 yang tertunda dan karena Insya Allah paling awal tercapai.

Poin kedua: cukup jelas. Setelah lulus dari Fasilkom UI, saya berencana untuk langsung bekerja. Alasan kenapa tempat kerja seperti tertulis di situ, adalah preferensi pribadi saja. Harapan-harapan mengenai pekerjaan sepertinya hampir sama dengan kebanyakan orang.

Poin ketiga: kemampuan berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan, yang fasih dan mahir saya rasa sangat penting dewasa ini. Apalagi untuk rencana jangka panjang untuk meneruskan studi di luar negeri. Sedangkan penguasaan bahasa asing lain saya pandang sebagai penambah wawasan.

Poin keempat: selama ini saya masih menggunakan motor milik bapak. Memiliki motor pribadi dengan usaha sendiri adalah salah satu ikhtiar saya untuk mandiri dan melepaskan ketergantungan terhadap orang tua. Bisa menyetir mobil dan memiliki SIM A adalah keahlian tambahan yang ingin saya miliki, walaupun belum memiliki mobil pribadi.

Poin kelima: selama 21 tahun lebih saya hidup, kehidupan saya berkisar di dalam pulau Jawa. Hanya sekali saya pernah ke Sumatera, yaitu ke Lampung. So, tahun depan saya ingin merasakan ke luar negeri, menjejakkan kaki di tanah orang, tentunya dengan usaha sendiri.

Poin keenam: saya beritahu sebuah rahasia: saya tidak bisa main alat musik. Sempat sih belajar main gitar, tapi nggak lama dan nggak sampai jago karena gitarnya tidak mendukung. Tapi saya ingin bisa main gitar, salah satunya juga karena selama ini saya sering kesulitan menemukan orang untuk mengiringi saya nyanyi. So, I’ll do it myself.

Poin ketujuh: maksud poin ketujuh ini sebenarnya adalah hidup mandiri lepas dari ketergantungan terhadap orang tua. Selama 9 bulan ngekos di Kukel, saya merasa lebih mandiri dan lebih mempunyai kontrol terhadap apa yang saya lakukan. Saya juga ingin mematahkan stigma bahwa anak bungsu itu manja, dan juga agar orang tua saya rela melepaskan anaknya ini belajar hidup mandiri. Selain itu untuk persiapan mandiri yang sebenarnya, yaitu dengan berkeluarga.

Poin kedelapan: cukup jelas. Menabung bisa saya lakukan setelah saya bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri. Saya sadar untuk dua hal, menikah dan membuka usaha, butuh modal yang tidak sedikit, apalagi saya bukan anak orang kaya. Untuk itu saya memasukkan menabung dalam resolusi saya.

Poin kesembilan: rencana masa depan membutuhkan proses panjang untuk mewujudkannya. Makanya tahun depan saya akan mulai merancang gambaran besar dan langkah-langkah realisasi business unit yang akan saya beri nama PT. Visindotama Madania.

Poin kesepuluh: saya ingin, Sidik tahun 2010 nanti menjadi manusia yang lebih baik daripada Sidik tahun 2009. Caranya, dengan memperbanyak kebaikan yang saya lakukan dan mengurangi sampai seminimal mungkin kekurangan dan kebiasaan buruk yang sebelumnya saya lakukan.

Poin kesebelas: pada salah satu tulisan saya di blog dagdigdug, saya bercerita bahwa saya telah 3 tahun tidak ikut halaqah. Saya merasa dalam hal pemahaman keislaman saya pasti cukup jauh tertinggal. Untuk itu tahun depan saya bertekad untuk mengejar ketertinggalan dan naik level lebih baik lagi.

Poin keduabelas: resolusi ini sebenarnya sudah terlambat sekali. Seinget saya 4-5 tahun lalu saya hampir hafal juz 30, tapi karena ‘menghilang’ akhirnya hafalan ikut menghilang. Tahun depan harus bisa kembali menghafal dan menambah hafalan yang lainnya lagi, dan juga memahami kandungannya, tentu.

Poin ketigabelas: di keluarga inti, peran yang saya lakoni adalah sebagai anak dari bapak dan ibu, adik dari para kakak dan kakak ipar saya, dan tentunya sebagai om dari keponakan-keponakan saya yang sholeh dan sholehah. Selama ini saya merasa masih belum optimal berperan, untuk itu tahun depan harus lebih baik. Selain ke keluarga inti, saya juga lebih memperbaiki ikatan silaturahim dengan keluarga besar dari bapak dan ibu.

Poin keempatbelas: tahun 2009 saya sangat kurang olahraga. Alhasil badan menjadi lembek dan bertambah berat. Tahun depan harus rutin olahraga! Oiya, saya juga ingin punya satu cabang olahraga yang saya kuasai (baca: jago), sesuai hobi saya pilih futsal dan/atau sepakbola.

Poin kelimabelas: selama jadi bagian Fasilkom 2005 saya sering memprakarsai dan/atau mengkoordinasikan acara angkatan. Tapi saya hampir tidak berperan di angkatan saya yang lain (baca: SD/SMP/SMA). Tahun depan saya berencana mengadakan reuni/silaturahim untuk angkatan saya di SD/SMP/SMA agar ikatan persahabatan dan persaudaraan di sekitar saya semakin luas.

Poin keenambelas: tahun 2009 tepatnya tanggal 14-16 Agustus Alhamdulillah Kuncung’s Fantastic Special and Ultimate Trip telah berhasil terlaksana. Saya kebetulan menjadi ketua pelaksananya. Tahun depan rencananya saya ingin lagi menjadi pemrakarsa dan/atau ketua pelaksana part-2 nya.

Poin ketujuhbelas: keinginan yang tertunda. Sebenarnya sudah dari lama saya ingin jadi aktivis donor darah dan anti rokok. Langkah nyatanya, tahun depan saya akan bergabung ke PMI dan/atau BSMI sebagai relawan terlatih. Selain itu saya juga akan bergabung ke LSM lingkungan hidup yang concern terhadap rokok.

Poin kedelapanbelas: sudah saya ceritakan di tulisan sebelumnya, tahun 2009 ini intensitas saya menulis sangat-sangat berkurang. Tahun depan Insya Allah kebangkitan karier kepenulisan saya. Lomba-lomba juga akan saya ikuti, untuk meningkatkan kembali kualitas tulisan.

Poin kesembilanbelas: salah satu cita-cita saya jadi penulis. Tahun depan menerbitkan buku? why not?!

Poin keduapuluh: cukup jelas.

Doakan semoga keduapuluh resolusi saya tersebut bisa tercapai selama 1 tahun ke depan. Kalau di tengah-tengah nanti ada revisi berupa pengurangan atau penambahan, semoga juga tetap tidak mengurangi esensi dari resolusi ini yang bertujuan menjadikan Sidik yang lebih baik. Resolusi selesai ditulis dan di-publish, saatnya mewujudkannya, dimulai dari sekarang!!

Sangat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (QS 61:3)

  1. alhamdulillaaah.. seneng banget ane bacanya..
    ane belum nyiapin punya ane nih.. insya Allah segera deh, ane baru nyelesain refleksi 2009 ane..

    ayo dik, kita fight bareng2, fastabiqul khairat, semangat bareng2, ikhlas bareng2, dan sukses bareng2.. amiiiin

    • oke man! mari kita berjuang dan sukses bareng-bareng!

    • reviewdramajepang
    • December 30th, 2009

    bagus tuh dik! poin ke tiga dan sembilan belas juga jadi resolusi gw. semangat!! Hahah. -anienday

  2. resolusi yang terakhir: owwww…. asik2.. ditunggu undangannya dik..🙂

    smg bs tercapai semua

    • Amiiin…doain aja ya ning!

      semoga lo juga bisa nerusin keterima di Erasmus Mundus dan nerusin S2 di luar yak!

  3. Wah, baru tau Sidik juga ngeblog di sini (dan emang baru sih ya, hehe).

    Semoga resolusinya bisa tercapai semua ya Dik (yang kayanya uda cukup pasti yg pertama ya, sampai tanggalnya juga uda ada).

    Btw, mau bikin buku juga ya… Kasih bocoran dong Dik, mau bikin buku tentang apa? hehe.

    Terus semangat ya…

    • Iya Char baru nih…tukeran link yok, hehe…

      amiin…minta tolong doanya aja yah..klo bocoran buku, bisa beberapa pilihan sih, tergantung nantinya ketertarikan saya nulisnya…makasih ya

      • Sip Dik… Link-nya uda dipasang😀

        OK deh, doa gw menyertai… Kalau uda terbit bilang2 ya, hehe.

  1. January 11th, 2010
  2. February 1st, 2010
  3. February 1st, 2010
  4. January 2nd, 2011
  5. January 2nd, 2011

Leave a Reply

