Skip navigation

RotatePDFPernahkah anda merasa kesulitan karena dokumen pdf anda dalam kondisi terbalik atau miring 90 derajat? Pastinya banyak diantara kita yang mengalami hal ini, termasuk saya.

Hari ini saya baru saja meng-scan sebuah surat keterangan untuk keperluan diunggah ke sebuah situs. Ternyata hasil scannya itu terbalik 180 derajat ketika dibuka menggunakan Adobe Reader X. Memang sih mudah saja untuk merotasi dokumen itu dengan memilih menu “Rotate Clockwise” untuk memutar searah jarum jam atau menu “Rotate Counter Clockwise” untuk memutar berlawanan arah jarum jam.

Akan tetapi, ternyata hasil rotasi itu tidak permanen. Ketika saya tutup dokumen itu, pada saat saya buka kembali, ternyata dokumen itu kembali terbalik 180 derajat. Karena penasaran saya coba rotate lagi sampai dokumen berada di posisi saya tepat (tidak terbalik). Kemudian saya coba save as dokumen itu menjadi suatu dokumen baru. Lalu saya buka dokumen baru tersebut. Apakah yang terjadi?

Ternyata dokumen itu kembali dalam kondisi terbalik, saudara-saudara! Saat itu, langsung saja saya mencari cara untuk memutar file pdf secara permanen. Ada beberapa pembahasan di forum, mengatakan bahwa hal tersebut bisa dilakukan menggunakan adobe acrobat. Sayangnya, Adobe Acrobat itu adalah software berbayar, sedangkan saya mencari solusi yang mudah dan tanpa biaya.

Sampai saya menemukan sebuah website sederhana, namun menawarkan suatu solusi yang inovatif dan tepat guna. Website tersebut adalah http://www.rotatepdf.net. Di website ini kita bisa mendapatkan hasil file pdf yang sudah terotasi sesuai dengan keinginan kita. Dan yang paling utama adalah hasil rotasinya permanen!

Caranya gampang banget.

  1. Kita nanti diminta upload file pdf yang ingin kita rotasi.
  2. Setelah file dipilih, kita diminta untuk memilih mode rotasi yang kita inginkan. Ada tiga pilihan; 90 derajat clockwise, 180 derajat, atau 90 derajat counter clockwise.
  3. Klik tombol ‘Rotate PDF’. Proses pun dimulai. Setelah selesai, website itu akan menampilkan pilihan untuk mengunduh file pdf yang sudah terotasi. Tinggal klik download dan kita pun sudah mendapatkan file yang sudah terotasi permanen.

Semudah itu untuk merotasi. Tidak perlu harus install software berbayar, hehe.. Namun, http://www.rotatepdf.net juga mempunyai keterbatasan, yaitu tidak bisa merotasi file pdf yang digembok alias protected. Selain itu, ada issue keamanan data juga sih, karena dokumen yang kita upload ke website itu bisa jadi adalah dokumen penting dan rahasia, yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab.

Yah, ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Tapi bagi saya yang memang memerlukan fungsi merotasi file pdf secara permanen, http://www.rotatepdf.net merupakan solusi yang paling mudah dan tidak repot, plus tanpa biaya. Semoga membantu!

11 Comments

  1. Thaks you so much freeenn,,,, sangat membantu skali…

  2. mantaapp sangat membantu, thanks bro…

  3. makasih informasi, berguna sekali buat saya pengelola journal

  4. adhi prasetiyo :
    makasih informasinya http://www.rotatepdf.net, berguna sekali buat saya pengelola journal

  5. thankyou masbroo

  6. terima kasih bro.. pekerjaan aku hari ini terbantu bgt.

  7. terima kasih banyak mas, saya punya file pdf yang terbalik view nya, salah saat proses scan-nya..

  8. makasi banget… pulih sudah pusing qu :)

  9. terima kasih banyak atas bantuan anda. sangat menolong sekali informasinya :))

  10. makasih om, terbantu sekali pekerjaan saya

  11. Sangat membantu semoga tuhan membalas jasa anda…


One Trackback/Pingback

  1. [...] berhubung postingan terakhir saya di sini adalah mengenai merotasi file PDF, post saya kali ini masih tentang merotasi PDF. Bedanya adalah, sekarang saya sudah menemukan [...]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

